ads

SB1M

Cara Praktis Menanamkan Konsep Hijau di Sekolah




Mewujudkan konsep lingkungan dengan go green community harus dimulai dengan kesadaran pribadi agar prosesnya dapat berkelanjutan untuk jangka panjang. Oleh karena itu, penerapan kesadaran akan gaya hidup hijau sebaiknya diterapkan sedini mungkin. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah lewat pendidikan di sekolah, dimana sebagian besar anak melewatkan waktu mereka dalam sehari untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar selain rumah. 



Dalam penerapan konsep hijau ini, hal yang penting untuk diterapkan adalah rasa keterlibatan anak terhadap setiap kegiatan yang berkaitan serta pengetahuan akan manfaat dari menerapkan konsep hidup hijau.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan kesadaran akan lingkungan dengan go green concept:


  • Membuat tempat-tempat sampah yang dipisahkah antara sampah organik dan non organik. Selain itu, sampah non organik pun bisa dipisahkan lagi menjadi sampah plastik, kertas, beling dan logam. Hal ini dilakukan sembari menanamkan pentingnya pengelompokan sampah dalam proses daur ulang.
  •  Meluangkan paling tidak beberapa jam dalam seminggu untuk mengajak murid-murid berkebun dan menanam berbagai tanaman seperti bunga, tanaman obat sederhana atau tanaman pengusir nyamuk. Jangan lupa membuat giliran untuk merawat kebun tersebut serta tanamkan kesadaran akan manfaat penghijauan.
  • Menyelipkan program sadar lingkungan dalam kegiatan belajar mengajar dan ekskul, misalnya dengan menyelipkan proyek pembuatan kompos dalam pelajaran IPA atau daur ulang kertas bekas yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar. Hasilnya dapat digunakan untuk membeli sesuatu demi kepentingan murid-murid atau sekolah.
  • Jika ada pelajaran prakarya, ajak murid-murid untuk membuat sesuatu dari barang bekas seperti kertas koran bekas, majalah bekas, gelas plastik bekas dan sebagainya. Jangan lupa untuk menjelaskan mengapa lebih baik menggunakan barang bekas jika memungkinkan.

Menanamkan kesadaran akan pentingnya memiliki lingkungan dengan go green concept harus dilakukan secara bertahap dan konsisten. Akan tetapi, jika dimulai dari tahapan dini seperti di lingkungan sekolah, kesadaran akan konsep tersebut akan lebih mudah tertanam dan terus diingat oleh seseorang hingga ia dewasa.

posting viral