ads

SB1M

Gaya Hidup Hijau dan Kesadaran Pribadi



Tren komunitas lingkungan dengan go green concept saat ini sedang mewabah di kota-kota besar yang notabene gaya hidup masyarakatnya justru seringkali jauh dari konsep hijau, misalnya ketergantungan yang tinggi pada kendaraan pribadi, pemakaian daya listrik yang sangat besar bahkan kerapkali boros, hingga kurangnya kesadaran untuk mengelola sampah dengan lebih baik. Hal ini tentu karena berkembangnya isu pemanasan global sebagai salah satu isu internasional yang kini bahkan telah membawa dampak buruk secara langsung bagi kehidupan manusia di berbagai negara. Kini, berbagai komunitas berlomba menerapkan konsep hijau ke dalam berbagai kegiatan mereka, misalnya dengan mengadakan event yang hasilnya disumbangkan ke gerakan penghijauan. Pertanyaannya adalah: seberapa jauhkah tingkat kesadaran masyarakat dalam hal mewujudkan gaya hidup hijau ini?



Anda pasti kerap menemukan orang-orang yang hanya menerapkan kesadaran lingkungan dengan go green concept secara setengah-setengah. Misalnya, mereka menggunakan sepeda untuk pergi ke tempat kerja dengan semangat cinta lingkungan namun masih tetap menggunakan listrik secara berlebihan di kantor. Ada juga yang berusaha menghemat penggunaan listrik di kantor dan rumah, namun masih membuang sampah secara sembarangan. Hal ini bukan berarti orang-orang tersebut tidak memahami manfaat konsep gaya hidup hijau, namun mereka bisa jadi tidak pernah menyadarinya sehingga tidak terlalu memiliki kesadaran yang mendalam.

Anda mungkin masih ingat seorang petani bakau di Aceh yang sukses mengembalikan mata pencaharian para nelayan di kampungnya yang sempat mengalami penurunan setelah tsunami, karena akar bakau merupakan habitat utama untuk berbagai jenis ikan. Atau, berita tentang sebuah kampung pinggir pantai yang selamat dari bencana tsunami karena terumbu karangnya berada dalam kondisi utuh dan dijaga dengan baik sehingga bisa meredam dampak terburuk gelombang. Hal-hal tersebut adalah contoh nyata dampak positif dari kesadaran lingkungan dengan go green concept yang benar-benar diterapkan. Jika masyarakat luas benar-benar memahami apa manfaat jangka panjang dari gaya hidup hijau, niscaya kampanye go green tidak akan berujung pada tren singkat saja.

posting viral