ads

SB1M

Kampanye Go Green Indonesia lewat Teknologi Digital

Membangkitkan kesadaran lingkungan dengan go green concept di Indonesia saat ini masih bisa dibilang sebagai upaya sporadis, dalam artian hanya baru dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu saja. Lepas dari konsep go green yang saat ini lebih diperlakukan sebagai tren layaknya tren musik atau mode ketimbang gaya hidup yang benar-benar diresapi, perkembangan dunia teknologi termasuk teknologi komunikasi dan digital telah menciptakan sarana bagi komunitas sadar lingkungan untuk menyebarkan kampanye dan ajakan kepada masyarakat luas terkait gaya hidup hijau.


Satu hal yang sangat menonjol dari perkembangan kampanye kesadaran lingkungan dengan go green concept adalah munculnya para pengusaha dan pengrajin yang mengembangkan tren membuat berbagai barang dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, misalnya bahan organik, bahan yang mudah terurai atau barang bekas. Ada barang-barang pajangan dari kayu dan kaleng bekas, tas dari sampah bungkus makanan dan produk rumah tangga, pernak-pernik dari kertas daur ulang dan sebagainya. Perkembangan teknologi membuat para pengusaha dan pengrajin ini memeroleh sarana untuk meluaskan pangsa pasar mereka sekaligus berpromosi dengan membuka lapak di dunia maya, sehingga semakin memberi peluang bagi masyarakat luas untuk benar-benar mengetahui penerapan sebenarnya dari tren gaya hidup hijau sekaligus mendukung gerakan ini.

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, blog dan situs video seperti YouTube juga memberi platform kampanye serta peningkatan kesadaran akan keuntungan dari hidup di lingkungan dengan go green concept. Media-media ini dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan pesan-pesan, saran serta petunjuk bagaimana menerapkan konsep hijau dalam kehidupan sehari-hari. 

Contohnya seperti penyebaran petunjuk cara membuat kompos dari sampah, cara mengurangi pemborosan listrik di rumah dan tempat kerja, pemberitahuan akan adanya event yang berkaitan dengan lingkungan dimana masyarakat bisa berpartisipasi, dan sebagainya. Karena saat ini internet dan gadget bisa dibilang bukan lagi barang mewah, kampanye gaya hidup hijau dengan menggunakan sarana-sarana tersebut akan lebih mudah dilakukan dan membawa hasil lebih cepat ketimbang melakukan kampanye dalam bentuk yang lebih tradisional.

Tentunya butuh semua pendukung seperti Media cetak yang sering kita ketahui TribunNews Pekanbaru dan tentunya tak hanya itu saja seperti kita ketahui RAPP senantiasa menerapkan beberapa konsep 3P atau ‘’Triple Bottom Line  yaitu (3 P atau People, Planet, and Profit) yang dalam arti kata  dalam menjalankan  operasionalnya. Maksud dari arti ini adalah dalam menjalankan operasionalnya RAPP tidak hanya mementingkan aspek ekonomi saja atau sering di sebut (profit), akan tetapi juga memperhatikan sebuah  aspek sosial maupunlingkungan. Sehingga dengan kedua dukungan mereka tersebut dapat menjadi motivasi dan kesaran dari bagi masyarakat, maka dari itu kita haru sadar akan pentingnya Green Community ini.

posting viral