ads

SB1M

Membentuk Lingkungan Kerja Berkonsep Hijau

Mewujudkan lingkungan dengan go green concept sebaiknya dimulai dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya di rumah dan tempat kerja. Bagi anda yang bermukim di perkotaan, menerapkan konsep hijau di lingkungan kerja akan sangat efektif untuk memberikan kontribusi besar pada lingkungan, terutama karena banyak di antara pekerja kantor yang menghabiskan waktu hampir satu harian di lingkungan kerja. Beberapa hal yang dapat diterapkan di lingkungan kerja sangat sederhana dan dapat dirundingkan dengan rekan-rekan kerja bahkan atasan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa cara menerapkan kesadaran akan lingkungan dengan go green concept di tempat kerja:

  • Kurangi pemakaian kertas yang tidak perlu. Untuk memberikan data, mengirimkan dokumen dan sebagainya, sebisa mungkin gunakan email. Jika ada keperluan yang tidak terlalu mendesak namun membutuhkan kertas, manfaatkan bagian belakang kertas yang sudah tidak terpakai untuk menulis atau mencoret-coret. Maksimalkan penggunaan papan bulletin atau email kantor untuk menyebarkan pengumuman kepada rekan-rekan kerja.
  • Sesuaikan suhu AC di ruangan secukupnya agar nyaman namun sedemikian rupa sehingga tidak terlalu dingin. Penyesuaian suhu AC akan membawa dampak yang cukup besar untuk penghematan penggunaan listrik, apalagi karena AC dinyalakan hampir setiap hari.
  • Jika kantor anda mendapat cahaya matahari yang cukup dari luar jendela, manfaatkan hal tersebut untuk menghemat pemakaian lampu.
  • Jangan malas mematikan komputer jika anda tidak akan memakainya selama setengah hingga sejam ke depan, misalnya ketika anda hendak pergi makan siang. Jangan lupa juga untuk mencabut kabelnya sebelum pulang untuk menghindari pemborosan daya listrik yang masih bisa terjadi jika kabel tidak dicabut.
  • Tergantung pada jenis jabatan dan sifat pekerjaan anda, cobalah menyisihkan sehari dalam seminggu untuk bekerja di rumah dengan memanfaatkan email kantor dan internet. Hal ini dapat menghemat bahan bakar yang anda butuhkan untuk pergi ke kantor serta daya listrik dari perkakas yang biasa anda gunakan di tempat kerja.
Harus diakui bahwa mewujudkan semua hal di atas tidak mudah di Indonesia, namun jika anda berniat untuk menciptakan lingkungan dengan go green concept demi kelestarian lingkungan untuk anak cucu anda, cobalah melakukan hal-hal tersebut sedikit demi sedikit mulai dari sekarang.

posting viral