ads

SB1M

Memulai Kampanye Go Green di Rumah Sendiri



Konsep lingkungan dengan go green community dapat diterapkan di berbagai jenis komunitas, mulai dari komunitas berskala besar hingga komunitas kecil seperti rumah tangga. Penerapan gaya hidup hijau yang berfokus pada tujuan jangka panjang akan sangat efektif jika telah ditanamkan dengan baik sejak seseorang berada di lingkungan rumahnya sendiri. Jika anda adalah kepala keluarga atau orangtua, anda dapat memulainya dengan memelajari penerapan gaya hidup hijau yang praktis untuk kemudian diajarkan kepada anggota keluarga yang lain dalam basis harian, terutama kepada anak-anak.



Berikut adalah beberapa ide penerapan konsep lingkungan dengan go green community di lingkungan rumah yang praktis untuk dilakukan oleh semua anggota keluarga:


  • ·Membiasakan untuk selalu mematikan barang-barang elektronik seperti AC, lampu, TV, radio dan pemutar DVD jika tidak digunakan. Jangan lupa juga untuk membiasakan agar kabel listrik dari alat-alat ini selalu dicabut jika tidak digunakan.
  • Membuat tempat sampah yang terpisah antara sampah basah dan kering, lalu mengajarkan anak-anak untuk membuang sampah sesuai dengan pemisahannya.
  • Membiasakan anggota keluarga untuk mengurangi pemakaian kertas jika tidak diperlukan.
  • Mengajarkan anggota keluarga untuk tidak selalu tergantung kepada kendaraan pribadi jika memungkinkan; belilah sepeda atau dorong anggota keluarga untuk sesekali menggunakan kendaraan umum jika keadaannya tidak mendesak.
  • ·Maksimalkan tanah kosong di rumah anda untuk membuat taman atau kebun dan ajarkan pada anak-anak untuk menghargai pentingnya keberadaan tanaman. Jika perlu, tanamlah jenis tanaman yang memiliki manfaat ganda seperti tanaman obat atau bahan masakan. Ajak anak-anak berpartisipasi dengan ikut memupuk, menyiram dan memanen hasilnya.


Selain langkah-langkah praktis di atas, anda bisa melakukan langkah yang lebih jauh dan kreatif. Sebagai contoh, anda bisa memelajari cara membuat kompos dari sampah rumah tangga yang kemudian dapat dijual atau diaplikasikan pada tanaman yang ada di rumah. Jika anda memiliki jiwa seni, anda bisa mengajak anak untuk membuat kerajinan dan hiasan rumah dari barang bekas. Dengan demikian, aplikasi lingkungan dengan go green concept bukan lagi sekedar wacana melainkan telah dilakukan di lingkungan rumah.

posting viral