ads

SB1M

Blogger Peduli Lingkungan

Blogger Peduli Lingkungan  mengapa demikian? Ada banyak alasan orang melakukan rutinitas  ngeblog  salah  satunya adalah memperoleh pendapatan. Selain itu ada juga orang yang ngeblog untuk mendapat kepuasan pribadi karena hobi menulis

 untuk membuat personal branding, untuk kampanye, untuk berinteraksi dengan orang lain, memanfaatkannya sebagai media sosial, untuk pencitraan politik, untuk membuat diary (buku harian), atau untuk pamer ke teman-teman. Ada banyak tujuan orang ngeblog. Bagaimana dengan anda sendiri ? Apakah tujuan anda punya blog ?
Mari kita bertolak dari topik mengenai motivasi awal orang melakukan blogging, sekarang kita masuk pada bahasan yang lebih penting. Yakni peduli lingkungan. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki badan yayasan yang sangat peduli terhadap lingkungan. Yakni WWF.ID. Tujuan utama WWF-Indonesia adalah untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi serta membangun masa depan, dimana manusia hidup selaras dengan alam
Seorang blogger berarti seorang yang memiliki media di dalam  genggamannya. Apalagi bila media yang  ia miliki, mempunyai ribuan atau mungkin puluhan ribu pengunjung setiap hari. Maka sangat mudah untuk mengkampanyekan program Ingat Lingkungan. Namun bagaimana dengan blogger yang memiliki jumlah pengunjung yang kecil? Tetap dapat disiasati dengan mengampanyekannya dengan bergabung, bekerja sama dengan blogger lain. Membuat suatu himpunan, yang setiap hari mengadakan pencerahan kepada setiap pengunjung situsnya agar tetap menjaga lingkungan. Bisa juga menggunakan banner yang tidak dipakai untuk beriklan, guna mengampanyekan program Ingat Lingkungan secara gratis. Itu adalah salah satu wujud  program  peduli lingkungan yang dapat dilakukan oleh blogger dengan blog yang ia miliki.
Di dunia nyata juga harus begitu. Tentu secara pribadi, blogger harus konsisten cinta akan lingkungannya. Tertib membuang sampah ke tempatnya, menggunakan kendaraan bermotor yang ramah lingkungan, rajin melakukan pembersihan rumah, tidak menghidupkan lampu bila tidak dipakai, tidak mengubur sampah di dalam tanah, dan cara-cara lain yang mendukung pelestarian lingkungan. Itu juga merupakan kampanye tersirat karena orang-orang di sekitar rumah anda, akan melihat anda adalah seorang yang benar-benar cinta lingkungan. Mungkin saja mereka akan mengikuti jejak anda. Itu cara yang hebat dan sangat mulia. Mengajak orang ikut mencintai lingkungan, anda tinggal menunggu imbalan apa yang diberikan Tuhan kepada anda karena alam mendoakan anda.
Kampanye lingkungan bersih selain dengan jalan blogger dan konsisten menjaga lingkungan juga dapat dilakukan dengan cara lain. Kali ini programnya adalah perpaduan antara ngeblog dan menjaga lingkungan. Apa itu? Membangun Bank Sampah. Membangun Bank Sampah adalah salah  satu  kegiatan mulia, selain itu anda juga dapat mengeruk keuntungan dengan menjadikan ini sebuah lahan bisnis. Bank Sampah adalah bank yang tujuannya menghimpun  sampah masyarakat dan menukar sampah itu dengan nominal tertentu sebagai alat pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan uang tunai atau  bentuk rekening.   Anda dapat mengakampanyekan Bank Sampah itu dengan blog yang anda miliki. Orang-orang akan mencari hal tentang Bank Sampah. Dan ketika anda punya blog khusus lingkungan anda akan mendapat simpati dari begitu banyak orang. Blog anda akan terkenal. Anda bisa promosikan blog anda di Bank Sampah yang anda miliki dan sebaliknya anda dapat mempromosikan Bank Sampah anda di dalam blog. Siapa tahu ada pengunjung dari daerah yang sama dengan Bank Sampah anda membaca artikel yang anda ulas. Itu bisa menjadi peluang. Kesempatan yang sangat baik. Sebuah sinergi yang sangat mendukung.
Bank Sampah bisa membuat anda kaya. Kaya akan material dan kaya akan akhlak karena anda mencintai lingkungan. Ini sebuah peluang yang belum banyak dilaksanakan. Bila usaha anda maju anda bisa membuat outlet lain sampai ke seluruh Indonesia. Atau anda bisa membuat Bank Sampah merek anda sebagai program waralaba bisniS . Siapa tahu kombinasi dari usaha dan cinta lingkungan ini menggerakkan hati presiden yang baru menjadikan anda sebagai Menteri Lingkungan. Sangat mungkin kan ? Apalagi anda punya kontribusi yang sangat jelas pada kebersihan dan kualitas lingkungan.
Dan ngomong-ngomong soal Presiden, sebentar lagi kita akan melangsungkan Pemilu untuk legislatif dan eksekutif. Kita akan memilih para pemimpin kita. Berikut juga akan saya ulas 10 kriteria pemimpin yang  cinta lingkungan supaya para blogger tidak salah pilih. Karena memilih pemimpin yang cinta lingkungan juga salah satu kontribusi para blogger untuk menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan. Berikut:
1. Tidak Kampanye Banner dengan memakunya di pohon.
2. Tidak Kampanye dengan menggunakan plastik yang tergolong merusak lingkungan. Melainkan dengan tas kain kampanye yang ramah lingkungan sewaktu dibagikan kepada simpatisan.
3. Pemimpin yang cinta lingkungan punya program kampanye yang tidak merugikan lingkungan. Seperti harus merubuhkan pohon atau membuka lahan baru untuk panggung kampanye nya.
4. Melihat isi janji. Bila ada bersinggungan dengan lingkungan maka seharusnya program kampanyenya pun mengenai lingkungan. Seperti program menanam seribu pohon. Bila tidak, ia hanya cakap besar.
5. Tidak kampanye yang heboh. Sampai membawa banyak massa dan memberi mereka minuman kemasan ataupun makanan dalam plastik, karena akan semakin menambah sampah di lingkungan. Cukup kampanye tertib dan sehat saja dengan blusukan atau cara lainnya yang lebih dekat dengan masyarakat.
6. Bila calon pemimpinnya ada di dekat rumah anda, perhatikan apa memang ia mencintai lingkungan atau tidak. Atau pernah anda melihatnya membuang sampah sembarangan dari dalam mobilnya?
7. Lihat anak-anaknya. Apa anaknya juga adalah seorang yang cinta lingkungan. Karena anak berprilaku dari ajaran orang tuanya.
8. Pemimpin yang cinta lingkungan tidak kampanye dan berorasi di jalan-jalan dengan massa ataupun kendaraan bermotor yang banyak. Karena semakin banyak motor ikut dalam kampanye itu, semakin banyak polusi.
9. Hampir 99 % anggota dewan yang duduk di DPR ikut kembali. Coba perhatikan lingkungan rumah anda. Adakah di dekat lingkungan rumah anda seorang anggota dewan? Bila ada, apakah masih ada daerah kumuh yang tidak diperhatikan di lingkungan anda? Bila ada, benar ia tidak peduli. Jangan dipilih lagi.
10. Dan terakhir, anda melihat isi doanya ketika berkampanye. Doa adalah cerminan nurani. Bila ia berorasi atau kampanye mengenai lingkungan namun tidak pernah berdoa atau pun mengangkat isu lingkungan dalam doanya, ada dua kemungkinan. Ia lupa mendoakan itu, atau memang dia tidak niat mengingatkannya.
Itulah ciri 10 pemimpin yang saya sebutkan yang cinta akan lingkungan. Juga sebelumnya sudah saya bahas cara seorang blogger mencintai lingkungannya. Ayo jangan  ragu lagi. Seorang blogger harus cinta lingkungan. Salam!

posting viral